Landasan LPKM dalam melakukan riset organisasi adalah mutual gains outcomes antara karyawan dan institusi. Karyawan mampu memperoleh status sejahtera secara psikologis (well-being) dan sekaligus mampu memenuhi tuntutan kinerja organisasi. Oleh karena itu, LPKM berkomitmen untuk menyediakan jasa layanan bagi institusi/organisasi untuk mencapai keseimbangan hubungan antara karyawan yang sejahtera (well-being) dan performa organisasi yang efektif dan produktif.
Ibarat gunung es di tengah lautan, perilaku yang selama ini ditampakkan di tempat kerja sejatinya hanyalah ujung gunung es, sedangkan perilaku yang tidak ditampakkan jauh lebih besar, sebesar badan gunung yang berada dibawah permukaan laut. Tanda-tanda ledakan akan sulit dideteksi dari permukaan. Ilmu psikologi industri dan organisasi adalah bidang ilmu terapan psikologi yang mempelajari kondisi dasar samudra dari suatu organisasi dan membantu memberikan daya prediksi pemecahan permasalahan di dasar samudra.
Riset organisasi pada dasarnya adalah riset tindakan (action research) yang ditujukan untuk pengembangan ataupun pemecahan masalah demi efektivitas organisasi. Kegiatan riset dilakukan untuk memotret kondisi dasar samudra, melakukan analisa permasalahan, menegakkan diagnosis permasalahan, melakukan rekomendasi tindakan, dan evaluasi tindakan.
Saat ini, LPKM sedang menangani riset organisasi yang berkaitan dengan:
- Indikator Stres Kerja pada Karyawan
- Peningkatan Kualitas Layanan pada Institusi Layanan Publik
- Persiapan Kerja bagi pelajar SMK
- Survey Minat Karir pada Remaja SMA