Selama ini LPKM telah melayani beberapa permintaan terkait dengan kegiatan pelatihan. Pelatihan sebagai upaya institusi untuk mengembangkan ketrampilan khusus para karyawan, terutama softskills, perilaku, dan sikap kerja yang profesional dan mendukung optimalisasi kinerja baik individu maupun kelompok institusi.
Pelatihan dilakukan dengan metode indoor, outdoor, maupun outbound, yang disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan dari institusi berdasarkan Training Needs Analysis (TNA), yang disusun oleh LPKM bersama dengan institusi yang bersangkutan. Pada akhir sesi pelatihan akan dilakukan evaluasi proses maupun hasil pelatihan saat itu juga. Apabila dikehendaki LPKM akan melakukan evaluasi terhadap hasil pelatihan di tempat kerja beberapa waktu setelah pelatihan dilakukan.
Beberapa jenis pelatihan yang telah dilakukan oleh LPKM dalam 5 tahun terakhir adalah:
A. Pelatihan Interpersonal
Kegiatan pelatihan interpersonal dimaksudkan sebagai media mengurangi permasalahan hubungan interpersonal di tempat kerja, seperti:
- Pelatihan Komunikasi Interpersonal
- Pelatihan Komunikasi Kelompok
- Outbound Team Building
- Outbound Komunikasi Organisasi
B. Pelatihan Pengembangan Organisasi
Pelatihan pengembangan organisasi difokuskan untuk pengembangan organisasi dengan melatih SDM-SDM terkait untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya sesuai dengan tuntutan institusi. Keluaran dari pelatihan ini adalah SDM-SDM yang adaptif terhadap perubahan, berintegritas, berkembampuan strategik, dan berdaya saing untuk menjaga dan membawa organisasi bertahan dalam mengikuti perubahan global. Berikut contoh pelatihan, seminar, dan workshop yang pernah ditangani oleh LPKM:
- Seminar dan Konseling Purna Tugas
- Pelatihan Pelayanan Prima
- Pelatihan Kepemimpinan
- Outbound Service Excellent
- Outbound Capacity Building